10 juta pertama dari jualan di Instagram

02 November 2018 - Kategori Blog

 

Pengenalan Instagram

Sebelum kita membahas terlalu jauh, ada baiknya Anda memahami dulu arena perang dimana Anda akan berperang.

Dari infografi diatas Anda bisa melihat pengguna Instagram kini sudah menyentuh 400juta pengguna dengan 80 juta foto diunggah setiap harinya. SETIAP HARI.

Total penduduk Indonesia pada Januari 2016 adalah 255.000.000 jiwa.

  • Pengguna Twitter dengan total 28.050.000 (11% dari total penduduk)
  • Pengguna Instagram dengan total 17.850.000 (7% dari total penduduk)
  • Pinterest adalah 15.300.000 (6% dari total penduduk)
  • Sedangkan jumlah pengguna Tumblr di Indonesia belum sebesar media sosial lainnya.

Apa kesimpulan yang bisa Anda tarik dari data diatas?

Ya, benar sekali. Peluang Anda SANGAT BESAR untuk bisa meraup keuntungan dari Instagram.

Tidak heran kenapa Facebook pada akhirnya mengakuisisi Instagram. Jika Mark Zuckerberg saja melihat peluang di dalamnya, harusnya kita juga harus mengikutinya.

“Selalu ikuti trend jika berbisnis” – Itu nasehat yang saya dapat dari mentor saya. Jangan mau melawan arus ya 🙂

Nah, selanjutnya mungkin Anda bertanya, bukankah media sosial itu hanya sebatas tempat kita berinteraksi dengan sahabat dan keluarga, narsis, eksis, curhat dan sebagainya? Bagaimana media seperti itu bisa menjadi ladang uang bagi kita? Lanjutkan membacanya ya 🙂

Cara-Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari Instagram. Berikut saya berikan beberapa cara populer yang bisa mendatangkan penghasilan untuk Anda di Instagram :

  1. Membuka Jasa Paid Promote

 

Paid promote atau promosi berbayar biasa dilakukan oleh para pelaku toko online yang ingin mempromosikan dagangan mereka. Paid promote ini biasa ditawarkan oleh akun yang memilikki follower banyak seperti akun publik, akun artis atau selebgram (selebritis instagram).

 

Nah, Anda bisa membuka jasa paid promote jika Anda memilikki akun dengan followers yang banyak. Namun biasanya untuk mendatangkan followers yang banyak itu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Dalam hal ini, membuka jasa paid promote tidak saya sarankan jika Anda menginginkan penghasilan cepat dari Instagram diawal bisnis Anda.

 

  1. Membuka Jasa Endorse

Endorse intinya sama dengan paid promote yaitu beriklan. Hanya saja produk yang ingin diiklankan diposting bersamaan dengan seorang model, artis, selebgram atau pemilik akun (biasanya punya followers banyak).

Jika akun pribadi Anda memilikki followers dalam jumlah banyak, Anda juga bisa menerima jasa Endorse dan Anda tinggal memasang tarif. Sudahlah dapat produk gratis dari orang yang

ingin beriklan, Anda dibayar lagi. Uenak toh? Hehehe.. Nah yang jadi permasalahannya, bagaimana jika Anda followersnya sedikit? Oke kita lanjut ke cara berikutnya.

 

  1. Jual Produk di Instagram / Membuka Toko Online (Onlineshop)

 

Cara ini merupakan cara yang paling cepat mendatangkan uang untuk Anda yang ingin memulai bisnis online menggunakan Instagram.

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan onlineshops yang kini semakin menjamur di Instagram. Tentunya menjamurnya onlineshop di Instagram bukan tanpa sebab. Dengan pertambahan pengguna Instagram yang begitu signifikan dari tahun ke tahun di Indonesia, Instagram sangat cocok digunakan sebagai media jualan dan promosi bagi para pelaku onlineshop.

Okey, 3 cara di atas adalah cara-cara populer untuk mendapatkan penghasilan dari Instagram.

Saran saya, gunakan cara ke tiga jika Anda ingin merasakan penghasilan pertam dalam waktu singkat dan cepat yaitu dengan menjual produk di Instagram atau lebih dikenal dengan onlineshop.

“Hei Rico, saya kan belum punya produk? Apa yang bisa saya jual?”

Tenang, kawan. Anda tidak harus mempunyai produk untuk bisa mulai jualan. Anda bisa melakukannya dengan model bisnis dropship. Jika Anda memilikki modal lebih, Anda bisa menjadi reseller dimana Anda harus stok barang, tapi di sisi lain Anda akan mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan menjadi dropshipper.

 

Reseller & Dropshipper

 

 

Apa sih Reseller itu?

Re artinya kembali , seller artinya penjual, jadi arti reseller adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya. Dalam hal ini, reseller harus stok barang.

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping itu jasa pengiriman barang dari supplier ke pembeli melalui perantaraan reseller. Misalnya saya mengambil 10 deskripsi dan gambar barang dari suatu supplier dimana saya sudah mendaftar menjadi dropshippernya. Kemudian saya mempromosikan barang-barang tersebut dengan posting di Instagram saya dengan harga yang sudah saya naikkan agar saya bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Ketika ada pembeli yang membeli barang tersebut dan melakukan pembayaran ke saya, saya tinggal memesan ke supplier

saya dan barang dikirim langsung ke pembeli atas nama saya..

Tips Memilih Produk yang Cocok Untuk dijual di Instagram

Memilih produk yang cocok untuk dijual di Instagram sangat penting karena tidak semua produk itu cocok(baca:laku) untuk dijual di Instagram. Jika Anda salah memilih produk, maka siap-siap orderan toko online Anda sepi seperti kuburan 🙂

Beberapa tips dibawah ini bisa membantu Anda :

  1. Pilihlah produk yang mempunyai demand / permintaan tinggi contoh : fashion, kecantikan
  2. Pilihlah produk yang cocok untuk anak-anak muda contoh : aksesoris gadget, casing
  3. Jika Anda ingin menjual jasa, pastikan jasa Anda dibutuhkan dengan target market tertentu.

contoh : jasa iklan dengan target pasar adalah para pelaku onlineshop

  1. Jika Anda ingin menjual makanan, pastikan ada delivery system yang mendukung

contoh : jual frozen food, jual kue cubit

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Akun Jualan di Instagram

Oke, setelah Anda menentukan jenis produk yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya Anda bisa mulai membuat akun Instagram Anda.

Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan dan lakukan ketika ingin membuat akun jualan di Instagram.

Okay, let’s start!

  1. Gunakan username yang unik. Akan lebih baik jika berkaitan dengan apa yang Anda jual

contoh : DuniaGadgetMurah, CasingLucuMurah, PusatHijab, KueCubitKece

  1. Isi biodata Anda selengkap-lengkapnya. Jelaskan sedikit tentang apa yang Anda jual dan cantumkan no kontak Anda.
  2. Cantumkan setidaknya 2 kontak yang bisa digunakan calon pembeli untuk menghubungi Anda. Jangan hanya mencantumkan 1 kontak atau lebih parahnya tidak mencantumkan sama sekali. Contoh : BBM, Whatsapp, atau line
  1. Isi bagian url website dengan link id line (disarankan) karena calon pembeli bisa langsung menghubungi Anda via line dengan

menge-klik link tersebut. Jika Anda sudah memilikki website, Anda bisa mengisi bagian tersebut dengan alamat website Anda namun tidak terlalu disarankan karena sepengalaman saya, banyak calon pembeli yang ingin bertanya-tanya sebelum akhirnya membeli. Kecuali jika website Anda mempunyai customer service yang live 🙂

  1. Upload foto produk beserta deskripsi yang Anda dapatkan dari supplier Anda minimal 30 foto/hari PLUS MINIMAL 10 dan MAKS 20 HASHTAG (dibahas setelah ini). Akan lebih baik jika Anda bisa meng-upload 50 foto dalam sehari.

Anda tidak harus meng-upload semua foto sekaligus dalam waktu bersamaan. Sesuaikan dengan waktu Anda, bisa pagi siang sore dan malam masing-masing 5 foto, tapi tetap harus mencapai target harian minimal 20 foto ya 🙂

Tips : upload foto di prime time (waktu-waktu dimana banyak orang sedang menggunakan Instagram) akan lebih efektif, seperti jam makan siang kantor, jam pulang sekolah, jam pulang kantor, jam 7-10 malam dimana waktu orang-orang sedang santai.

  1. Terakhir, jangan digembok akun Instagram Anda. Orang lain tidak akan bisa melihat dagangan Anda jika toko Anda ditutup, bukan?

 

Trik Mendapatkan Followers Dalam Waktu SINGKAT

“Semakin banyak teman, semakin banyak kesempatan” Setuju? Nah di Instagram juga demikian. Semakin banyak follower yang Anda milikki, semakin banyak juga kesempatan terjadinya penjualan. Anda bisa menggunakan teknik yang saya sebut “I follow U, U Follow Me and i am sorry” untuk mendapatkan followers dalam waktu cepat. Caranya : Anda cukup memfollow terlebih dahulu orang lain, biasanya mereka akan memfollow balik Anda. Setelah mereka memfollow Anda, Anda bisa unfollow mereka. (i am sorry) Namun perlu Anda ingat, jangan memfollow lebih dari 100 orang perhari di awal-awal karena rentan dibanned oleh Instagram. Cara ini memang bukan cara yang paling efektif tapi patut dicoba jika Anda ingin mendapatkan follower dengan cara gratisan.

Tips: Followlah hanya orang yang kira-kira akan membeli produk Anda. Follow follower dari akun kompetitor Anda!!!

Trik Mendatangkan Pembeli ke Instagram Anda yang Belum Memilikki Follower

Bagaimana caranya bisa ada yang beli dalam waktu kurang dari 2 minggu sedangkan followers atau pengikut di Instagram saja belum ada kan?”

Gunakan #HASHTAG

Sebuah simbol tanda pagar yang lebih dikenal dengan hashtag di dunia sosial media biasa digunakan untuk mengkategorikan sebuah produk, event, bahkan tidak sedikit digunakan untuk pencitraan atau memudahkan pencarian dengan membuat hashtag unik sendiri.

Hashtag bisa dibilang sebagai kata kunci dan dalam hal ini akan kita gunakan untuk membuat produk jualan kita ditemukan oleh calon pembeli bahkan dengan followers 0 sekalipun.

Masih belum lupa dengan tugas upload foto kan? Nah, selain foto dan deskripsi yang harus diupload, jangan lupa juga sertakan minimal 10 hashtag yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Misal Anda menjual jam tangan, maka Anda bisa sertakan minimal 10 hashtag yang berhubungan dengan jam tangan seperti #jualjamtangan#jamtanganmurah #jamtangancowok #jualjamtangancowok #jamtanganunik dan seterusnya.

Jika Anda menggunakan hashtag yang tepat dan relevan dengan produk Anda, diimbangi dengan frekuensi postingan Anda yang tinggi, maka kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin tinggi.

“ Foto yang menarik + Deskripsi yang menjual + hashtag yang tepat = penjualan “

Tips Posting Foto Produk yang Mampu Menarik Perhatian Calon Pembeli

Instagram adalah sebuah media sosial yang berbasis visual. Oleh karena itu, foto yang menarik di Instagram sangat diperlukan sekaligus juga menentukan apakah produk Anda akan mampu menarik perhatian calon pembeli Anda atau tidak.Berikut tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto produk jualan Anda tampak lebih menarik :

  1. Gunakan filter (sewajarnya)

Anda bisa menggunakan filter foto bawaan dari Instagram sendiri atau dengan aplikasi pendukung yang bisa Anda download dari playstore ataupun Appstore.

  1. Gunakan foto beresolusi tinggi

Jangan sembarang memilih foto untuk diupload di Instagram. Gunakan foto dengan kualitas yang baik dan tidak pecah. Lebih baik Anda tidak meng-upload daripada Anda asal upload karena jika dari foto saja tidak menarik, bagaimana Anda bisa meyakinkan calon pembeli Anda untuk kualitas dan lain-lainnya?

  1. Gabungkan beberapa foto kedalam satu bingkai

Anda bisa gunakan aplikasi seperti pic collage, picsArt, Layout.

  1. Gunakan fotografer dan model untuk produk Anda

Jika Anda menjual pakaian dengan brand Anda sendiri dan mempunyai modal lebih, ada baiknya Anda mempunyai fotografer dan model agar foto-foto Anda menarik ketimbang Anda hanya menggantungnya di gantungan kemudian dijepret.

  1. Gunakan mesin pencari untuk menemukan gambar yang beresolusi tinggi

Anda bisa melakukan pencarian gambar untuk produk Anda dimesin pencari (jika ada). Unduh gambar dengan ukuran minimal 800×600 agar kualitas gambar tetap oke.

 

Penutup

Adapun beberapa kesimpulan yang bisa saya rangkum untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan pertama Anda di Instagram :

  1. Mulailah dengan bisnis dropship karena relatif tidak membutuhkan modal (Anda hanya butuh smartphone dan kuota internet).
  2. Tentukan produk apa yang ingin Anda jual tapi harus acceptable oleh market Instagram.

 

  1. Buatlah akun Instagram untuk jualan Anda dengan nama yang unik, spesifik dan berisi biodata yang lengkap beserta no kontak
  2. Posting minimal 20 foto per hari dengan deskripsi menarik dan sertakan minimal 20 hashtag.
  3. Biarkan akun instagram Anda unlocked (tidak digembok)

 

  1. Gunakan teknik “i follow u, u follow me and i’m sorry” untuk mendapatkan follower
  2. Upload hanya foto-foto yang berkualitas tinggi.

 

  1. Lakukan 7 hal di atas dengan tepat dan konsisten.

Dengan melakukan langkah-langkah yang sudah saya bagikan diatas, mendapatkan 10 juta dari berjualan online di Instagram bukan sesuatu yang sulit 🙂 Trust me, it works!

Semoga Artikel ini bermanfaat buat Anda, nantikan update-update selanjutnya ya 🙂

 

Bagikan Ke Whatsapp saya